Pemkab Bartim Gelar Rapat FGPD

BUPATI BARITO TIMUR DR.AMPERA AY MEBAS, SE, MM

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim)  menggelar rapat Forum Gabungan Perangkat Daerah (FGPD) tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Ampera AY Mebas, Selasa (7/3).

Menurut Bupati, FGPD merupakan wadah untuk menginventarisasi dan menjaring masukan yang prioritas dan terintegrasi dengan Renja Perangkat Daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. Tujuannya adalah untuk melakukan pembahasan dan konsolidasi program kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Kabupaten Barito Timur pada tahun mendatang (2024.Red).

“Disini akan dilakukan pembahasan dan sinergi antara prioritas pembangunan pada Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah dengan usulan hasil Musrenbang tingkat kecamatan se – Bartim, ” ulas Bupati.

Orang nomor satu di Gumi Jari Janang Kalalawah itu menambahkan, arah kebijakan pembangunan Kabupaten Barito Timur pada tahun 2024 berlandaskan pada pelaksanaan, pencapaian, dan keberlanjutan pembangunan tahun 2023. Pada Tahun ini, pembangunan fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat berbasis  ekonomi kerakyatan.

Berdasarkan hal tersebut, sambungnya, maka tema pembangunan Kabupaten Barito Timur pada Tahun 2024 adalah โ€œPengembangan Ekonomi Daerah Melalui Optimalisasi Sumber Daya Lokal Disertai Peningkatan Kualitas Jaringan Infrasturktur dan Sumber Daya Manusia yang Handalโ€.

“Saya mengharapkan pada FGDP ini beberapa landasan yang bisa dijadikan acuan untuk menetapkan program dan kegiatan prioritas pembangunan Tahun 2024, yaitu, perencanaan pembangunan harus terkait dengan paradigma โ€œDaerah Membangunโ€, dan juga paradigma โ€œPeran Serta Masyarakatโ€, dimana peran masyarakat dalam pembangunan lebih dikedepankan terlebih dengan adanya program pemerintah melalui APBDes, ” papar Bupati.

Kemudian, program dan kegiatan harus mampu menurunkan angka kemiskinan, angka pengangguran, dan penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan, yang mengarah pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). (cak)

, , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 1 =