SENI & BUDAYA DAERAH MAMPU BENTENGI GENERASI PENERUS DARI PENGARUH BUDAYA NEGATIF

SAMBUTAN- Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh saat membacakan sambutan tertulis Bupati Barito Timur pada acara pembukan Festival Budaya Nansarunai Jajaka Tahun 2022, di Komplek GPU Mantawara, Sabtu (20/8).

TAMIANG LAYANG- Generasi penerus di Kabupaten Barito Timur kususnya anak-anak jaman sekarang diharapkan kembali mencintai seni dan budaya yang diwariskan oleh leluhur bangsa. Pasalnya, warisan leluhur bangsa seperti permainan rakyat dipandang mampu membentengi anak-anak dan generasi muda dari berbagai pengaruh budaya yang negatif.

Demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh yang membacakan sambutan tertulis Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas pada acara pembukaan Festival Budaya Nansarunai Jajaka tahun 2022, di Komplek GPU Mantawara, Sabtu (20/8) sore.

Selain kembali memperkenalkan warisan budaya bangsa, kata Wakil Bupati Bartim, gelaran Festival Budaya Nansarunai Jajaka Tahun 2022 ini juga menjadi ajang promosi pariwisata di daerah Barito Timur dalam rangka memperkaya antensi pariwisata nasional.

โ€œPemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur menginginkan kesenian dan permainan rakyat dapat menjadi salah satu atraksi dan daya tarik wisata yang pada saatnya nanti tidak saja disenangai wisatawan nusantara tetapi juga disenangi wisatawan mancanegara,โ€harap Wakil Bupati.

Melalui kesempatan itu, Wakil Buapti Bartim juga mengimbau dan mengajak semua pihak yang memiliki rasa kepedulian  terhadap pengembangan seni budaya lokal, untuk bersama-sama satukan langkah memajukan seni budaya daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.

โ€œKeberhasilan kita dalam mengembangkan seni budaya akan sangat ditentukan oleh kepedulian dan kebersamaan kita, baik dari unsur pemerintah, swasta, dunia usaha, dan masyarakat secara keseluruhan,โ€ terang Wakil Bupati.

Tak lupa pada kesempatan itu, Wakil Bupati Bartim menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus terutama kepada peserta dari kecamatan se Kabupaten Barito Timur serta semua pihak yang telah membantu sehingga acara pembukaan Fefstival Budaya Nansarunai Jajaka, permainan rakyat Kabupaten Barito Timur ini dapat terlaksana sesuai rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

โ€œKhusus kepada para peserta dari luar kota Tamiang Layang saya ucapkan selamat datang di Tamiang Layang dan selamat bertanding, semoga saudara-saudari mendapat hasil yang maksimal dalam berbagai lomba yang diikuti,โ€ harap Wabup Bartim.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Sabtu (20/8) sore menggelar Festival Budaya Nansarunai Jajaka Tahun 2022. Kegiatan dimulai  tanggal 20 sampai dengan 22 Agustus 2022 ini dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Barito Timur dan Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara, Tamiang Layang.

Hadir dalam kegaitan tersebut Sekretaris Disbupar Provinsi Kalteng, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabuapten Barito Timur, Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur, Kepala OPD se Kabupaten Barito Timur, para sponsorship dan donator serta tokoh masyarakat, insan pers dan tamu undangan lainnya. Hingga berita ini diterbitkan kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka sedang berlangsung.(lim/fre/las)

, , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − sixteen =