BUPATI BARTIM MINTA USAHA KOPERASI BERSAMA TANI SEJAHTERA DIKEMBANGKAN

HASIL BUMI- Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur, Camat Dusun Tengah dan Kapolsek Dusun Tengah mengkonsumsi beras hasil bumi dari petani di Kabupaten Barito Timur. Kalau Bupati Bartim saja suka kenapa anda tidak? Ayo buruan beli.

DISKOMINFOSANTIK- Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengapresiasi berdirinya Koperasi Bersama Tani Sejahtera di Kabupaten Barito Timur. Koperasi yang dibangun oleh Pemerintah Daerah tersebut diharapkan dapat membantu para petani di Gumi Jari Janang Kalalawah ini. Caranya dengan membeli hasil pertanian milik Petani di Barito Timur, lalu mengolahnya dan memasarkan lagi dengan harga yang sewajarnya.

Saat ini berdasarkan keterangan dari Ketua Koperasi Bersama Tani Sejahtera Ela, SP  usaha yang dijalankan oleh Koperasi yang Ia pimpin diantaranya, membeli gabah petani, kemudian menggilingnya dan memasarkannya kembali. Selain itu Koperasi Bersama Tani Sejahtera juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur menanam jagung komposit varientes NK 212 dengana luas lahan kurang lebih 11 hektare.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas pada acara tanam perdana jagung komposit di Desa Natampin berharap Koperasi BTS terus berkembang dengan cara mengembangkan jenis usaha yang dijalankan. โ€œSaya mengharapkan Koperasi Bersama Tani Sejahtera ini terus berkembang. Saya sudah mengusulkan dan mengupayakan ke PT Pertamina agar  Pertamina mau melayani Koperasi dan BUMDes di Barito Timur  menjual Gas LPG,โ€ terang Ampera.

Tak hanya  Gas LPG, Orang Nomor Satu di Barito Timur ini juga berharap Koperasi dan BUMDes nantinya juga menjual barang-barang yang bersubsidi seperti pupuk dan alat-alat pertanian lainya. Mengapa harus Koperasi dan BUMDes? Ampera menjelaskan jika koperasi dan BUMDes menjual produk-produk tersebut maka harganya bisa dikontrol pemerintah dan bisa dijangkau masyarakat.

โ€œKalau pihak swasta harus mencari untuk yang banyak. Sedangkan keuntungan koperasi dan BUMDes bisa dikontrol,โ€ jelas Ampera. Bupati Barito Timur pun berharap dibawah kepemimpinan Ela Koperasi Bersama Tani Sejahtera kedepannya dapat menjadi distributor pupuk di Barito Timur.(cak/diskominfosantik)

, ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × three =