DPK GELAR LOMBA PERPUSDES TINGKAT KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN 2023

Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Literasi Kabupaten Barito Timur foto bersama dengan pengelola perpustakaan Desa Simpang Naneng, baru-baru ini.

TAMIANG LAYANG-Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK)  Kabupaten Barito Timur menyelenggarakan lomba perpustakaan desa/kelurahan literasi tingkat Kabupaten Barito Timur tahun 2023. Kegiatan penilaian lomba ini dilaksanakan mulai tanggal 29 hingga 31 Maret 2023.

Ada sekitar 20 (dua puluh) perpustakaan desa yang tersebar di 10 (sepuluh) kecamatan ikut ambil bagian dalam lomba ini. Ke 20 perpusdes tersebut yakni Perpusdes Pulau Padang, Bamban, Jaar, Bangkirayen, Didi, Dorong, Danau, Runggu Raya, Tangkan, Magantis, Harara, Pangkan, Balawa, Siong, Simpang Naneng , Rodok, Turan Amis, Batuah, Baruyan dan  Malintut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur Drs.Darius Adrian,M.Si melalui Ketua Panitia Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Ernawaty, S.Pd melalui pers rilisnya, Jumat (31/03/2023) menjelaskan, tujuan pelaksanaan lomba  atau pemilihan perpustakaan desa literasi  ini untuk memperkenalkan fungsi perpustkaan kepada masyarakat di desa atau kelurahan.

Disamping itu pagelaran lomba perpusdes ini juga guna mendorong minat baca masyarakat dan menambah jumlah orang yang gemar membaca.  โ€œMelalui kegiatan ini kita ingin membiasakan masyarakat untuk menuangkan ide/gagasan ke dalam suatu karya tulis dan pengembangan minat baca generasi muda,โ€ terang Ernawaty.

Lebih jauh Ernawaty mengatakan dengan bertumbuhnya minta baca masyarakat diharapkan Pemerintah Desa/Keleurahan dapat membangun perpustakaan umum desa/kelurahan sebagai tempat yang nyaman dan aman untuk belajar masyarakat.

โ€œLomba perpusdes ini penting untuk mendukung IPLM sekaligus pembudayaan gemar membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat,โ€ papar Ernawaty.

Usai penilaian lomba pemilihan perpustakaan desa/kelurahan literasi, kata Ernawaty, tim juri yang terdiri dari  Manuwu Aryadisukuma, SE, MM, Mihewu Daya Hawino,  S.Pd dan Yensi, S.Sos., MM, akan menetapkan surat keputusan (SK) penilaian pemilihan perpusdes tingkat kabupaten. Peringkat 1 akan mewakili Kabupaten Barito Timur untuk mengikuti lomba perpusdes tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan berlanjut tingkat nasional.(cak)

, , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two − 1 =