REKOR 24 KG BELUM TERPECAHKAN, HARI INI NARIUK BEBAS UNTUK UMUM DIGELAR

NARIUK- Puluhan peserta Festival Nariuk Adat II tahun 2022 berlomba mendapatkan ikan paling cepat, paling berat dan terbanyak untuk meraih gelar juara.

TAMIANG LAYANG- Rekor Festival Nariuk Adat Tahun 2019 ikan tapah seberat 24 kilogram (kg) belum terpecahkan. Dari hasil lomba nariuk,  Sabtu (6/8), juara satu Festival Nariuk Adat II Tahun 2022 hanya mendapatkan ikan tapah seberat 2,5 kg. Hasil ini tentu diluar dugaan panitia. Pasalnya, sebelum gelaran lomba dimulai warga setempat pernah melihat satu ekor ikan tapah besar memunculkan dirinya di atas permukaan air diarea lokasi lomba. Bahkan warga yang pernah melihat kemunculan ikan tersebut menyebutkan, berat ikan tersebut diduga lebih dari yang didapat pada tahun 2019 lalu.

Meski berat ikan terbesar didapat tahun ini tak mampu melebih berat ikan pada tahun 2019, Panitia Festival Nariuk Adat II Tahun 2022 tetap menetapkan Jonwandi berasal dari Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur sebagai juara 1 Festival Nariuk Adat II tahun 2022. Junwandi berhasil mendapatkan ikan tapah seberat 2,5 kg. Kemudian juara II jatuh pada Robertson asal Desa Simpang Bingkuang dan Panedi juara III juga berasal dari Desa Simpang Bingkuang.

Kemudian untuk juara harapan I diaraih oleh Agus Sento dari Desa Simpang Bingkuang, Harapan II diraih oleh Abet dari Desa Tewah Pupuh dan harapan III diraih oleh Upu dari Desa Haringen. Sedangkan kategori khusus mendapatkan ikan tercepat diraih oleh Angguh dari Desa Tewah Pupuh dengan waktu 2 menit 50 detik. Ikan yang didapat Anggu adalah ikan baung dengan berat 1 kg.

Kepala Desa Pulau Patai Taraunianto kepada Kontributor MMC Bartim, Sabtu (6/8) petang mengatakan, penyerahan hadiah untuk para pemenang akan dilakukan Minggu (7/8) usai kegiatan nariuk terbuka juga dilokasi yang sama.โ€Besok (Minggu (7/8) kita akan melaksanakan narik bebas. Kegiatan ini terbuka untuk umum,โ€ terang Taraunianto.

Bagai warga Kabupaten Barito Timur yang memiliki hobi nariuk dan atau ingin menyaksikan kegiatan tersebut, Kades Pulau Patai mempersilahakan warga datang kedesanya. โ€œKegiatan nariuk bebas ini dimulai pukul 12.00 s.d Selesai. Lokasinya masih sama di tempat lomba nariuk tadi,โ€ katanya.

Selain bisa menyaksikan kegiatan nariuk bebas, para penonton juga akan dihibur oleh gelaran organ tunggal dari Jantang Matudi Managemen dengan artis adalan Gadis dan Nia Arsita.โ€Ayo buruan datang besok ya, tiket masuk cuma Rp.5000, pungkas Kades Pulau Patai.(cak.

, , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + thirteen =