DISDIK BARTIM & BAN PAUD PNF KALTENG LAKSANAKAN SOSIALISASI AKREDITASI

ANTUSIAS-Para peserta antusias mendengaran paparan narasumber pada kegiatan sosialisasi akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal, Kamis (12/5) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur.

TAMIANG LAYANG-Guna meningkatkan layanan dan mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat, Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur bekerjasama dengan BAN PAUD PNF Provinsi Kalimantan Tengah  menyelenggarakan sosialisasi akreditasi PAUD dan PNF Tahun 2022,  di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten  Barito Timur pada  Kamis (12/5).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur Sabai, S.Pd., MM melalui Sekretaris Dinas Pendidikan  Messias, S.Pd., MS saat berbincang dengan kontibutor MMC Barito Timur mengatakan bahwa akreditasi merupakan evaluasi bagi suatu lembaga pendidikan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Dengan pengelolaan lembaga yang baik, maka akan menghasilkan pelayanan yang baik pula guna melayani masyarakat.

Messias memaparkan bahwa   โ€œAkreditasi ini dilakukan sebagai evaluasi kinerja di satuan lembaga terkait dengan pelayanan masyarakat. Pada dasarnya, kita sebagai pelayan untuk melayani masyarakat dengan baik. Proses kinerja kita dalam melayani masyarakat dilaksanakan dengan baik itu semua akan dibahas melalui akreditasi ini,โ€ ujarnya.

Messias berharap agar  โ€œAkreditasi PAUD dan PNFโ€ ini tidak menjadi  sesuatu hal yang menakutkan. Namun jadikan akreditasi sebagai semangat baru untuk mewujudkan mutu layanan pendidikan yang lebih baik. Insya Allah akan selalu ada jalan,โ€ tuturnya.

Sementara itu Plh. Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana  Bidang PAUD dan PNF  yang juga sebagai  Panitia pelaksana  Yunatan, S.Pd mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar asesi/satuan PAUD dapat memahami cara pengisian Penilaian Prasyarat  Akreditasi  (PPA) di aplikasi Sispena 3.1 yang selaras dengan standarnasonal pendidikan sehingga bisa lolos Klasifikasi Permohanan Akreditasi (KPA) dan bisa diajukan ke tahap visitasi ujarnya.  

Yunatan juga mendorong semua PAUD yang ada di Kabupaten Barito Timur agar betul-betul memperhatikan pengisian data di aplikasi Data Pokok Pendidikan sekolahnya, karena Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan Riset dan Teknologi menjadikan Dapodik ini satu-satunya sumber data yang diakomudir dalam menentukan kebijakan baik Kesiswaan, Tenaga Pendidik maupun sarana dan prasarana tegasnya.

Diakhir perbincangan Yunatan berterima kasih kepada narasumber dari BAN ย PAUD DAN PNF Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah berbagi ilmu dan strategi kepada sekolah dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti Akreditasi. ย Ia berharap semua peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk menyongsong pelaksanaan akreditasi nanti pungkasnya. (Lim).



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + seventeen =