DISKANAK BARTIM AJAK MASYARAKAT GEMAR MAKAN IKAN

FOTO BERSAMA- Panitia, Peserta dan Narasumber foto bersama usai kegiatan sosialisasi gerkan masyarakat makan ikan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Barito Timur di SDN 1 Hayaping Kecamatan Awang, Selasa (19/4)).

TAMIANG LAYANG- Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Perikanan dan Perternakan mengajak masyarakat Kabupaten Barito Timur untuk gemar mengkonsumsi ikan. Ajakan tersebut disampaikan pada kegiatan sosialisasi gerakan memasyarakat makan ikan (gemarikan), di SDN 1 Hayaping, Kecamatan Awang, Selasa (19/4).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Mishael, S.Pi,SE, MM  melalui Kepala Bidang Sapras, Data, Peningkatan SDM, Pengolahan dan Pemasaran Inapriani, S.Pi, MM menjelaskan, kegiatan sosialisasi gemarikan ini diIkuti oleh Siswa dan Siswi SDN 1 Hayaping, Kepala Sekolah, Dewan Guru, Staf tata Usaha dan Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Timur.

Lebih jauh Inapriani mengatakan  sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan merupakan kegiatan rutin tahunan yang diwajibkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, untuk dilaksanakan oleh seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. 

Kegiatan gemarikan ini pertama kali dicanangkan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri tahun 2004 dan merupakan suatu gerakan moral memotivasi masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi ikan agar terbentuk anak bangsa yang sehat, cerdas dan kuat.

โ€œGemarikan bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di Kabupaten Barito Timur agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Gemarikan ini rutin setiap tahun dilaksanakan untuk mengkampanyekan makan ikan sehingga masyarakat dan anak di Kabupaten Barito Timur terpenuhi gizinya,โ€ papar Inapriani.

Dalam kegiatan sosialisasi gemarikan itu Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur menghadirkan narasumber diantaranya Ny. Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas (Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Timur), Pardiono, S.Pi (Penyuluh Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur) dan Inapriani, S.Pi., MM. (Kepala Bidang Sapras, Data, Peningkatan SDM, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur).

Sosialisasi gemarikan di SDN 1 Hayaping berjalan dengan baik dan lancar.  Antusiasme peserta kegiatan cukup tinggi terlebih lagi dengan adanya kuis gemarikan berhadiah di akhir acara.  Di akhir kegiatan Kepala SDN 1 Hayaping Hj. Hadiyati, S.Pd menyampaikan ucapan terimasih atas dipilihnya SDN 1 Hayaping sebagai tempat kegiatan sosialisasi gemarikan tahun 2022 dan berharap agar setelah kegiatan ini kesadaran gizi siswa dan siswi SDN 1 Hayaping serta dewan guru dan staf tata usahanya meningkat untuk gemar mengkonsumsi ikan.(lim/cak)

, ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 13 =