KOMODITI SAWIT MENJANJIKAN, BUPATI MINTA WARGA BARTIM MANFAATKAN PELUANG

BUPATI BARITO TIMUR AMPERA AY MEBAS

TAMIANG LAYANG- Tak diragukan lagi, komoditi Kelapa Sawit sekarang ini mulai menjanjikan. Selain sebagai bahan pembuatan minyak goreng, kelapa sawit juga dimanfaatkan  sebagai bahan pembutan biodiesel. Tak hanya dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan minyak goreng dan biodiesel, dari beberapa sumber yang berhasil dihimpun MMC Bartim, kelapa sawit juga bisa digunakan sebagai bahan campuran cat, bahan campuran pengolahan mentega dan sebagai bahan campuran membuat oli atau pelumas.

Karena banyaknya manfaat kelapa sawit itu, Bupati Barito Ampera AY Mebas memiliki ide warga di Kabupaten Barito Timur menanam kelapa sawit disamping tetap mengelola kebun karet yang sudah ada.

โ€œSaya memiliki pemikiran pribadi satu Kepala Keluarga di Bartim menanam 1  hektare kelapa sawit. Nanti bibitnya di bantu Pemerintah Daerah melalui dinas terkait,โ€ terang Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas saat memberikan sambutan pada acara tanam perdana jagung komposit di Desa Netampin Kecamatan Dusun Tengah, beberapa waktu lalu.

Mengapa Bupati Bartim memiliki pemikiran agar warga menanam sawit? Orang Nomor Satu di Gumi Jari Janang Kalalawah ini mengatakan kedepannya sawit akan banyak diperlukan sebagai bahan baku energi terbarukan, salah satunya adalah biodiesel.โ€Saat ini 30 persen bahan biodiesel dari kelapa sawit. Selanjutnya akan dikembangkan menjadi 50 persen,โ€ terang Ampera.

Bahkan mantan Anggota DPRD Kabupaten Tabalong ini mengatakan  Presiden RI Joko Widodo dalam beberapa kesempataan meminta bahan biodesel 100 persen dari kelapa sawit. โ€œProspek kedepanya kelapa sawit ini baik karena digunakan bahan membuat energi terbarukan. Kalau menjadi bahan energi terbarukan itu artinya kelapa sawit dibutuhkan terus,โ€ terang Ampera.

Karena itu Bupati Bartim dua periode ini meminta kepada Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bartim yang hadir dalam acara tanam jagung komposit di Netampin dan dinas terkait untuk mengkaji pemikiran yang Ia sampaikan ini. โ€œMudah-mudahan ide saya ini bisa dilaksanakan,โ€ harap Ampera.(cak/diskominfosantik).

, ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 2 =