PERWOSI BARITO TIMUR LAUNCHING SENAM IGAL NANSARUNAI

SENAM-Perwosi bekerjasama dengan Disbudparpora Kabupaten Barito Timur dan KORMI laksanakan senam bersama dan launching senam Igal Nansarunai di halaman Rujab Baupati Barito Timur Jumat (03/12).

DISKOMINFOSANTIK- Pengurus Perwosi Kabupaten Barito Timur bekerjasama dengan Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan KORMI melaksanakan senam  Igal Nansarunai bersama. Kegiatan senam ini disertai dengan launching senam Igal Nansarunai, di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Jumat (3/12) pagi.

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Barito Timur Ny. Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas dalam sambutannya menyampaikan  visi Perwosi adalah membentuk Wanita Indonesia yang sehat dan bugar sehingga terciptanya keluarga sejahtera yang cinta olahraga ujarnya.

Munita  menjelaskan  untuk memeriahkan Perayaan   Hari Ibu, KB, KES-PKK dan HUT DWP Tahun 2021  Perwosi Kabupaten Barito Timur bekerjasama dengan  Disbudparpora Kabupaten Barito Timur  dan KORMI  melaksanakan senam bersama sekaligus Launcing senam Igal Nansarunai yang merupakan buah karya dari Putera-Puteri  terbaik Kabupaten Barito Timur.

Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur ini  meminta kepada Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga Barito Timur untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan Senam Igal Nansarunai,  agar senam yang digali dari kearifan lokal Barito Timur ini semakin dikenal seluruh masyarakat Barito Timur dari Kecamatan, kelurahan bahkan sampai ke desa harapnya.

Mengakhiri sambutan Ia menyampaikan terima kasih kepada Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Pengurus Perwosi, KORMI, Panitia Pelaksana dan seluruh peserta senam yang sudah berpartisipasi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Ia mengutip sebuah ungkapan dalam bahasa latin  berbunyi โ€œMensana in corporesanoโ€ yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat oleh sebab itu mari kita  terus berolahraga ujarnya mengakhir sambutan.

Sedangkan Kepala Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur Forty Rickyannou, ST., MT dalam sambutanya menjelaskan bahwa Dinas yang dipimpinnya terus berupaya menggali potensi  kearifan lokal warisan leluhur untuk dikembangkan dan dilestarikan. Ia menyampaikan bahwa Senam Igal Nansarunai yang dilaunching hari ini baik gerak maupun musik yang digunakan   merupakan perpaduan  dari berbagai tarian daerah dan musik tradisional   yang ada di Kabupaten Barito Timur.

Forty merencanakan  kedepan akan melakukan sosialisasi  Senam Igal Nansarunai ini kepada semua OPD, Kecamatan, desa dan sekolah supaya dikenal dan menjadi kebanggaan bersama. Jika senam ini sudah dikenal oleh masyarakat akan ditindaklanjuti dengan melaksanakan lomba Senam Igal Nansarunai ini baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Orang nomor satu di Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur ini juga mengungkapkan dalam waktu yang dekat akan segera mendaftarkan Senam Igal Nansarunai ini ke Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia agar memperoleh  Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)  Bidang Budaya Tradisional ujarnya (Lim/Diskominfosantik).     

, ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =