TAHUN ANGGARAN 2022, PEMKAB BARTIM AKAN TANAM 800 HEKTARE JAGUNG PAKAN TERNAK

TANAM JAGUNG- Setelah memanen jagung Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas juga mendapat kesempatan untuk menanam kembali jagung pakan ternak milik Kelompok Tani Taniran Makmur Kelurahan Taniran Kecamatan Benua Lima, Selasa (2/11).

DISKOMINFOSANTIK- Tahun anggaran 2022 Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, akan menanam jagung pakan ternak seluas 800 hektare. Lokasi penanamnya tersebar dibeberapa wilayah di Kabupaten Barito Timur. Dari 800 ha itu, 500 ha  ditunjang oleh program Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

โ€œProgram tanam jagung pakan ini ditunjang juga oleh Pemerintah Pusat melalui Provinsi Kalimantan Tengah yang akan membantu daerah kita untuk pengembangan jagung pakan seluas 500 ha. Sedangkan 300 ha lagi program dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur. Semoga apa yang kita rencanakan dan susun dengan baik ini dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat untuk masyarakat Barito Timur,โ€ jelas Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dalam sambutanya pada acara panen jagung pakan ternak di lahan milik Kelompok Tani Taniran Makmur Kelurahan Taniran Kecamatan Benua Lima, Selasa (2/11).

Melalui kesempatan itu Bupati Barito Timur pun menyampaikan kebanggannya dan rasa salut serta terimakasih kepada Kelompok Tani Taniran Makmur atas kegigihan dan kesungguhannya dapat memanfaatkan lahan yang secara kasat mata cenderung berpasair. Tapi dengan kegigihan para petani di Taniran, ujar Bupati Barito Timur, tanah tersebut dapat diolah dan berhasil.

โ€œSelain sukses menanam jagung pakan, saya juga melihat ada ternak ayam. Tentunya ini menjadi usaha yang saling menunjang, dimana kotoran ayamnya dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan hasil tanaman jagungnya dapat diolah menjadi pakan ternak,โ€ terang Ampera.

Orang Nomor Satu di Kabupaten Barito Timur mengatakan, apa yang dilakukan oleh Kelompok Tani Taniran Makmur, sejalan dengan program pemerintah pusat yang sedang giat-giatanya memprogramkan kegiatan integrated farming  atau usaha pertanian yang terintegrasi dimana komoditi pertanian, perternakan bahkan perikanan diusahakan dalam satu hamparan dan antara satu komoditi dengan komoditi yang lain saling menunjang.

โ€œSaya berharap kegigihan para petani di Taniran ini dapat memotivasi para petani di tempat yang lainya,โ€ harap Ampera. Usai memberikan sambutan Bupati Barito Timur langsung melaksanakan panen jagung pakan ternak. Selain panen jagung pakan, Ampera AY Mebas juga berksempatan menanam kembali jagung di lahan yang tak jauh dari lokasi panen jagung pakan.(cak/diskominfosantik)

, ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =