WARTAWAN DIMINTA EDUKASI MASYARAKAT DALAM MELAWAN COVID-19

CINDERAMATA- Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memberikan cinderamata kepada Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prof. Rajab Ritonga, pada acara Uji Kompetensi Wartawan anggkatan XIV di Gedung Mantawara Tamiang Layang, Jumat (20/8) 2021.

TAMIANG LAYANG- Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas  meminta kepada seluruh Wartawan di Kabupaten Barito Timur  ikut ambil bagian dalam mengedukasi masyarakat, terutama di masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya di masa pandemi covid-19 ini banyak beredar berita yang justru membuat masyarakat takut. Hal ini disampaikan oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas pada acara pembukaan Uji Kompetensi Wartawan ke XIV di GPU Mantawara Tamiang Layang, Jumat (20/8) pagi.

Dikatakan Ampera, edukasi yang dimaksud adalah pada saat membuat berita mengenai perkembangan covid-19 di Barito Timur, para wartawan diminta menyertakan juga pesan sosial untuk masyarakat, misalnya masyarakat harus terapkan protokol kesehatan, masyarakat harus menjalankan 6 M di lingkungan kerja maupun pulang kerja ((1) memaki masker, (2) mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, (3) menjaga jarak,(4) menjahuhi kerumunan, (5) membatasi mobilisasi dan  interaksi, (6) serta mengikuti vaksin).

iTak hanya itu mantan Anggota DPRD Kabupaten Tabalong ini pun meminta rekan-rekan wartawan menulis berita dengan berimbang. โ€œJangan hanya meninggalnya yang diangkat, atau yang banyak terpapar covid-19 yang diangkat, tapi angkat juga berapa banyak yang sembuhnya,โ€ harap Bupati Barito Timur dihadapan peserta UKW. Alumni STIE Banjarmasin tahun 1997 ini menjelaskan, selama pandemi covid-19 ini pihaknya tidak tinggal diam. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19. โ€œ Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur bersama TNI dan POLRIย  sudah bekerja keras memerangi Covid-19, dan sampai saat inipun kami tetap berupaya semaksimal mungkin,โ€ jelasnya.

Dikatakan Ampera, akibat pandemi covid-19 ini banyak pekerjaan/proyek di Kabupaten Barito Timur ditunda, lantaran dananya digunakan penanganan covid-19. โ€œPekerjaan yang tertunda banyak di bidang pembangunan,โ€ jelas Bupati Barito Timur pada acara pembukaan UKW yang dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Motar,SE, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur Nur Sulistio,S.Pdi, Forkopimda Kabupaten Barito Timur, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur Drs. Dwi Ariyanto, Kepala Seksi Layanan Informasi Publik dan Kehumasan Wayan Cakre, S.IP, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Elly Minding,S.Ssos.

Perlu diketahui kegiatan UKW, Jumat (20/8) pagi diikuti 31 orang Wartwan dari Provinsi Kalimantan Tengah dan 1 orang Wartawan dari Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk tenaga penguji UKW ada enam orang masing- masing Direktur UKW PWI Prof. Rajab Ritonga, Pengurus PWI Pusat Refa Riana, S.Sos, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi, Ketua PWI Kalteng  M  Harris Sadikin dan Kepala Seksi Pendidikan PWI Kalteng Pahit  S Narottama.(wayan cakre-diskominfosantikbartim).

, ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =