Bupati Lounching Secara Simbolis Salurkan BST Untuk Warga Bartim Dari Kemensos

Diskominfo (Barito Timur) – Bupati Bartim, Ampera AY Mebas,SE.,MM, melakukan lounching Bantuan Sosial Tunai (BST) secara simbolis kepada beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang terdampak wabah Coronavirus desaese (Covid- 19).

Kegiatan tersebut didampingi Wakil Bupati Bartim, dan disaksikan oleh Sekretaris Daerah, Unsur Pimpinan DPRD Barito Timur, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur, Kabag Ops Polres Bartim, Dandim 1012 Buntok serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di halaman Kantor Bupati Bartim, Selasa (12/05/2020).

Diketahui, setelah melalui proses panjang untuk mendata masyarakat yang berhak mendapatkan BST, dengan tujuan maksimal dan tepat sasaran, agar dana yang disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan akibat wabah Covid- 19 lebih bermanfaat dan sampai tujuan.

Pada sambutannya Bupati menyampaikan bahwa sejak merebaknya kasus pandemi Covid- 19 di negara Indonesia beberapa bulan yang lalu, hingga saat ini telah membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan masyarakat, seperti dampak kesehatan, ekonomi, pelayanan masyarakat maupun sosial.

“Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi masalah serius akibat wabah Covid-19, tidak terkecuali di Kabupaten Barito Timur,” ucap Bupati Bartim, yang juga selaku ketua Gugus Covid- 19 di kabupaten Bartim.

Diteruskan Bupati Bartim, salah satu dampak negatif yang diterima masyarakat akibat Covid-19 di bidang sosial adalah menurunnya pendapatan masyarakat karena terbatasnya akses usaha, sehingga berpengaruh pada kehidupan masyarakat miskin, rentan miskin dan keluarga tidak mampu lainnya, baik yang ada di perkotaan maupun di perdesaan, jelas Ampera.

Maka, apabila masalah dampak sosial tersebut tidak segera ditangani akan mengakibatkan semakin tingginya angka kemiskinan. Dan untuk menanggulangi masalah dampak sosial tersebut, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan penanggulangan dalam bentuk pemberian bantuan sosial kepada masyarakat terdampak

Adapun sasaran bantuan tersebut diperuntukan bagi warga miskin, rentan miskin dan keluarga tidak mampu lainnya yang terdampak Covid- 19 melalui Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan BST, serta pemberian Paket sembako.

“Selain dari pemerintah pusat terakhir Covid- 19, masyarakat juga menerima bantuan sosial dari Pemprov Kalimantan Tengah, bantuan sosial Pemkab Barito Timur sampai dengan tingkat Desa yakni, Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTD) yang bersumber dari Dana Desa,” ungkap Bupati Bartim

Kemudian untuk BST, bantuan pemerintah melalui Kementerian Sosial telah mengalokasikan bantuan tunai kepada warga miskin, rentan miskin dan keluarga tidak mampu lainnya senilai Rp 600 ribu per bulan, selama tiga bulan kedepan. Dan penyaluran BST dilakukan melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia secara langsung kepada KPM.

Dengan diberikan bantuan tunai tersebut, Orang nomor satu di Bartim ini mengharapkan dapat meringankan beban keluarga yang terdampak Covid- 19 termasuk keluarga yang ada di Kabupaten Barito Timur.
(SM88-Diskominfo Bartim)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − 5 =