Infrastruktur Jalan Dan Pertanian Menjadi Skala Prioritas Pada Musrenbang Di Kecamatan Awang

Diskominfo (Barito Timur) –ย Usulkan 10 skala prioritas pembangunan infrastruktur jalan, dan 79 yang menjadi usulun tambahan dengan sasaran pada sarana prasarana dan bidang sosial serta perekonomian yang sangat dibutuhkan masyarakat di kecamatan Awang kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah.

Hal tersebut disampaikan Camat pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dari program desa yang mencakup 11 Desa untuk pembangunan tahun 2021. Terlaksanakan di aula kecamatan Awang, Senin (24/02/2020).

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Awang yang dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Timur, perwakilan dan kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Bartim, Camat Awang, unsur FKPK Kecamatan Awang, perwakilan dari Koramil Awang, Kanit Reskrim polsek Awang, Kepala desa se Kecamatan Awang, ketua serta anggota BPD se Kecamatan Awang.

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, mengatakan agar kepala desa yang membawahi wilayahnya bisa menyampaikan kepada seluruh masyarakat, perlunya kesabaran apabila keinginan yang diusulkan belum tercapai.

“Seandainya tidak terkabulkan hajat yang diprioritaskan untuk pembangunan kedepan, dikarenakan kekurangan dari anggaran kita, itulah keterbatasannya agar masyarakat di desa bisa bersabar”, ucap Wabup.

Wabup juga berharap, semoga usulan yang diprioritaskan dapat terwujud, sehingga pembangunan khususnya kecamatan Awang dapat berjalan dan kebutuhan yang menjadi program kedepannya bisa terlaksana.

Sementara pada kesempetannya, Camat Awang, Kandurung.S,AP memaparkan terkait program dan usulan pemerintah desa yang menjadi prioritas sebagian besar adalah pembangunan infrastruktur jalan sebagaimana menjadi akses utama pada perkembangan sebuah daerah dan pertanian yang juga dapat meningkatkan di sektor perekonomian masyarakat.

“Mempelajari sekaligus menyampaikan usulan dari 11 desa se Kecamatan Awang, kita sampaikan ada 10 prioritas, nah dari 10 prioritas itu lebih terkonsentrasi pada titik infrastruktur jalan antar desa dengan tujuan untuk membuka akses transportasi antar yang belum terkoneksi dengan baik,” ungkap Camat Awang.

Lanjutnya, namun dalam usulan itu kami pelajari lebih sedikit untuk sektor pertanian, tapi kami sudah arahkan untuk sektor pertanian kita menggunakan dana desa, jadi saluran-saluran air dan titiknya itu lebih banyak pertanianpertanian.

“Mudah-mudahan dari beberapa usulan skala prioritas itu dapat dikabulkan oleh pemerintah daerah , apakah itu nanti diarahkan ke kabupaten, provinsi atau pusat, harapan kita semoga dapat dikabulkan”, jelas Camat Awang.

Disisi lain, Keoala Bappeda BaritoTimur, Panahan mengatakan bahwa melihat dari 79 usulan, ada 10 usulan yang menjadi skala prioritas di seluruh Kecamatan Awang, Dirinya juga sangat apresiasi kepada pihak kecamatan maupun desa sudah memahami fungsi dan kondisi yang ada baik di kabupaten, di kecamatan bahkan di desa sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing.

“Usulan yang 10 menjadi skala prioritas , dan ada 1 tambahan tadi, kami sangat apresiasi dan kami menilai bahwa itu menjadi skala prioritas disini, dan sangat prioritas menurut saya, dan mudah-mudahan itu bisa tercapai dengan baik serta kami sudah mengingatkan, semua prioritas itu juga tergantung dengan kondisi dan kemampuan keuangan kita”, pungkas Panahan. (SM88-Diskominfo Bartim)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =