Antusias Masyarakat Bartim Yang Mengikuti Perlombaan Dalam Festival Nariuk 2019

Diskominfo (Barito Timur) – Festifal Nariuk di ikuti ratusan masyarakat, Nariuk yang dalam arti (menombak ikan di sungai). Antusias warga yang berlomba memenuhi sungai di Desa Pulau Patai Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah Jumat 14 Juni 2019.

Bupati Barito Timur Ampera A Y Mebas, MM bersama jajaran forkopimda membuka secara resmi Festival Nariuk di Desa Pulau Patai, yang dalam tujuannya kegiatan tersebut adalah sebagai pelestarian budaya para nelayan dari suku Dayak Maanyan.

Namun kegiatan tersebut tidak menjadi hal yang berpatokan kepada budaya yang dimiliki Kalteng pada umumnya, seperti yang di laksanakan pada hari ini kegiatan tersebut banyak diikuti masyarakat dari berbagai suku yang berada di Kabupaten Barito Timur.

Hal tersebut menjadi sebuah daya tarik bagi para pengunjung masyarakat dari luar daerah lainnya, yang beramai-ramai melihat kegiatan perlombaan tersebut. Bupati Barito Timur mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk pelestarian budaya yang dimiliki Kabupaten Barito Timur.

Bupati Barito Timur juga menegaskan bahwa pelestarian harus tetap terjaga dari perkembangbiakannya, serta melarang keras bagi para nelayan untuk menggunakan alat tangkap yang dapat merusak habitat perkembangbiakan ikan di area sungai tersebut.

Perlombaan Festival Nariuk tersebut ditutup oleh Kepala Dinas Pariwisata, pemenang pelombaan yakni : juara 1 terberat sebanyak 24 kg Bapak Misternu dari Desa Simpang Bangkuang. Juara 1 terbanyak total seberat 11 kg dari Desa Warukin, juara 2 terbanyak sekaligus paling tercepat total 10 kg dapat dari Desa Mabidek, sedangkan juara 3 terbanyak dari Tamiang Layang sebanyak 4 ekor ikan.(SM88-Diskominfo Bartim)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − eleven =