Gubernur Kalteng Beserta Rombongan Turut Tanam Padi Di Dampingi Bupati Dan Wakil Bupati Bartim

Diskominfo (Barito Timur) – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H.Sugianto Sabran bersama Bupati kabupaten Barito Timur (Bartim), Ampera A Y Mebas,SE.,MM, turut serta menanam padi. Program yang tetap sejalan dengan program Presiden guna meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui Pertanian dan ketahanan Pangan.

Tampak terlihat kedua pejabat penting di Kalteng tersebut, yang terjun langsung uji coba (Rice Planter) alat moderen penanaman padi di sawah yang terletak di Desa Mumpung Ulung kecamatan Pematang Karau. Alat moderen penanaman padi yang dapat bekerja secara otomatis juga dapat meringankan petani dan mempercepat penanaman padi di era moderen.

Usai kegiatan Gubernur mengatakan bahwa pemerintah provinsi Kalteng terus mendukung kabupaten Bartim di bidang pertanian dan peternakan sebagai kabupaten penyanggah logistik pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) yang baru kedepannya.

“Kita terus mendukung kabupaten Bartim di bidang Pertanian, sebagai kabupaten terdekat dan harus mempersiapkan diri sebagai daerah penghasil gabah dan beras dan menjadi penyanggah logistik pangan pada IKN nanti,” ucap Gubernur, usai kegiatan, Sabtu (25/01/2020)

Menurut Gubernur, saat ini Kalteng mengalami surplus beras, sehingga ini merupakan peluang yang baik untuk menjadi pemasok kebutuhan beras bagi daerah lain. Dirinya juga mengapresiasi pencapaian Kabupaten Barito Timur yang berhasil mendapatkan sertifikasi padi organik yang ke depannya dapat dilanjutkan sertifikasi beras organik.

“Hal Ini menjadi peluang yang bagus, karena pola hidup masyarakat kita yang semakin sadar akan kesehatan, sehingga banyak yang mencari produk organik. Secara ekonomi harga beras organik juga lebih mahal harga jualnya dibanding beras biasa,” tutup Gubernur.

Sementara Bupati Bartim sebelumnya menyampaikan bahwa dengan program yang di fokuskan pada ekonomi kerakyatan melalui pertanian, pemerintah kabupaten Bartim terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan sebagai kabupaten yang siap menjadi lumbung bagi IKN.  (SM88-Diskominfo Bartim)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 5 =