DPK BARITO TIMUR LAKSANAKAN LOMBA BERTUTUR

SABAR MENUNGGU-Peserta lomba bertutur jenjang SD dan MI didampingi Guru Pembina saat menunggu lomba bertutur dimulai di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Timur, Jalan Nansarunai Tamiang Layang, Kamis (21/4).

TAMIANG LAYANG– Pemerintah Kabupaten Barito Timur terus menggencarkan minat baca anak-anak di Gumi Jari Janang Kalalawah. Salah satu cara menumbuhkan minat baca anak-anak, Pemkab Bartim melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Timur menggelar lomba bertutur. Kegiatan yang ikuti oleh anak-anak pelajar jenjang SD/MI ini dilaksanakan di Kantor DKP, Jalan Nansarunai, Tamiang Layang, Kamis (21/4).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah Kabupaten Barito Timur Drs. Frindiano Leloni, MM yang berhasil diwawancarai kontributor MMC Barito Timur menjelaskan lomba bertutur dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca, melalui berbagai bacaan dan media.

โ€œKita menginginkan anak-anak mulai SD sudah mencintai buku dan perpustakaan. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya lokal, sejarah dan pahlawan,  serta meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa, imajinasi, dan memiliki mental kreatif,โ€ terang Leloni.

Kepala DPK Bartim ย berpesan kepada semua peserta tetap semangat dan agar tampil dengan maksimal sertaย  mengerahkan segala kemampuan dalam berlomba,ย  karena kegiatan semacam ini adalah jembatan untuk meningkatkan potensi diri gunaย  menggapai masa depan yang lebih baik. Bagi yang menang teruslah berlatih karena nanti akan mewakili Kabupaten Barito Timur di Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ย dan yang belum menang juga harus tingkatkan kemampuan dan terus menerus berlatih semaksimal mungkin jangan berkecil hati harus tetap semangat. Kepada para juri, saya ย meminta berikan penilaian secara objektif, tandasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Timur
Drs. Frindiano Leloni, MM

Sementara itu Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah Kabupaten Barito Timur  Supadi, S.Sos saat menyampaikan laporan ketua panitia mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan lomba bertutur ini untuk menumbuhkan kegemaran membaca anak-anak dan mempopulerkan buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik, serta membangun karakter bangsa ujarnya.

Setelah masing-masing peserta menunjukkan kebolehannya bertutur dalam cerita rakyat, dewan juri sangat bangga karena semua peserta sudah menampilkan potensi diri secara maksimal, walaupun demikianย  berdasarkan rekap nilai dari ketiga dewan juri ditetapkan nomor undian 02 atas nama Amelia Putri dari SDN 2 Tamiang Layang sebagai juara 1, nomor undian 05 atas nama Viona Nataniela dari SDN 3 Tamiang Layangย  sebagai juara 2 dan nomor undian 06 atas namaย ย  Hana Kimi Manuella dari SDN 1 Tamiang Layang sebagai juara 3.

PIAGAM- Setelah penyerahan hadiah, para juara lomba bertutur menyampatkan diri fofo bersama.

Supadi menjelaskan bahwa pemenang  Juara 1, 2 dan  3 lomba bertutur ini akan mendapat hadiah uang pembinaan dalam bentuk tabungan, piala dan piagam penghargaan dari Bank Pembangunan Kalteng cabang Tamiang Layang.  Sedangkan yang memperoleh juara 1 akan mewakili Kabupaten Barito Timur pada lomba serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ujarnya.  (Lim).



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − 6 =