Bupati Bartim Hadiri Seluruh Rangkaian Kegiatan FBIM 2019 Di Palangka Raya Sekaligus Mengapresiasi Peserta Pawai Karnaval Dari Bartim

Diskominfo (Barito Timur) – Bupati Barito Timur Ampera A Y Mebas, MM memberi apresiasi kepada peserta Pawai Dari Bartim, dalam event Festival Budaya Isen Mulang yang di gelar di Palangka Raya Selasa 18 Juni 2019.

Setelah beberapa rangkaian kegiatan FBIM tersebut, yang juga menjadi salah satu peringatan hari jadi Kalteng yang terus di laksanakan tiap tahunnya, sebagai bentuk wujud pelestarian seni dan budaya Kalimantan Tengah.

Bupati menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan terhitung sejak di mulai pembukaan sampai kegiatan perlombaan, Bupati beri suport kepada seluruh peserta terkhususnya dari Kabupaten Bartim sendiri.

Adapun persembahan pawai tersebut dari Kabupaten yang berjuluk Bumi Nansarunai Jari Janang Kalalawah adalah Tarian Gelang Dadas dan Gelang Bawo sebagai persembahan pertama.

Tidak hanya itu, mobil hias simbol pelestarian sebagai bentuk tempat pariwisata dari Taman Anggrek Hitam yang berada di sebuah destinasi wisata alam terletak di kecamatan Paju Epat yang menjadi Maskot Kabupaten Barito Timur.

Begitu juga dengan lukisan 5 (lima) unsur Kalimantan Tengah, Bahenda, Baputi, Bahandang, Babilem dan Bahijau serta mengkampanyekan betapa pentingnya kita selaku generasi millenial harus menjaga alam kita “Amun Puang Takam Hiye Lagi” Dengan arti Kalau Bukan Kita Siapa Lagi.

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 adalah salah satu bentuk pelestarian budaya Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dalam artian bahasa Dayak Kalteng (Isen Mulang) adalah “Pantang Mundur”. Kegiatan tersebut menjadi salah satu peringatan hari jadi Kalteng yang terus di laksanakan tiap tahunnya, sebagai bentuk wujud pelestarian seni dan budaya Kalimantan Tengah.

Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera A Y Mebas bersama jajaran serta peserta FBIM dari Kabupaten Bartim yang turut berpartisipasi memberi suport kepada peserta Bartim yang mengikuti perlombaan, menunjukan penampilan dari Karnaval di ajang event tersebut.(SM88-Diskominfo Bartim)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + 12 =