KETUA TP-PKK BARTIM AJAK IBU-IBU PERIKSA SEJAK DINI KESEHATANNYA

KETUA TP-PKK BARTIM AJAK IBU-IBU PERIKSA SEJAK DINI KESEHATANNYA

TINJAU KEGIATAN- Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur Ny. Munita Mustika Dewi, SE,MM  dan jajaran pengurus PKK Bartim, saat melihat langsung kegiatan deteksi dini kanker mulut rahim dan kanker payudara di UPTD Puskesmas Tamiang Layang, Rabu (24/11).

DISKOMINFOSANTIK- Penyakit kanker serviks dan kanker payudara mengancam banyak wanita. Berdasarkan data dari WHO penyakit kanker merupakan penyebab kematian nomor 2  terbayak di dunia setelah penyakit kardiovaskular. Karena itu para Ibu-ibu di Kabupaten Barito Timur diharapkan segera memeriksakan kesehatannya sejak dini. Ajakan tersebut disampaikan oleh  Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur Ny. Munita Mustika Dewi, SE,MM  dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Ketua II Dra. Herawani, MM pada acara kegiatan iva test dan deteksi dini kanker mulut rahim dan kanker payudara, Rabu (24/11) di UPTD Puskesmas Tamiang Layang.

Dijelaskan Munita, kegiatan IVA TEST dan deteksi dini kanker mulut rahim dan kanker payudara yang dilaksanakan, merupakan bentuk kepedulian TP-PKK Kabupaten Barito Timur akan bahaya kanker serviks dan kanker payudara. “Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks dan payudara pada perempuan di Kabupaten Barito Timur dan menurunkan angka kejadian dan angka kematian perempuan akibat penyakit tersebut,” jelas Munita.

Munita meminta Ibu-ibu tidak perlu takut memeriksakan dirinya. “Karena kanker serviks adalah jenis kanker yang dapat dicegah, dilakukan dengan cara sederhana dan dapat dilakukan di Puskesmas. Untuk deteksi dini kanker payudara melalui SADANIS dapat ditunjang dengan peralatan mammografi dan USG,” katanya.

Lebih jauh Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur ini mengatakan, kegiatan deteksi dini kanker serviks dan kanker mulut rahim ini merupakan imbauan langsung dari Ibu Iriana Joko Widodo untuk mewujudkan wanita Indonesia bebas dari kanker serviks dan kanker payudara.

“IVA TEST ditujukan kepada semua wanita yang sudah pernah berhubungan intim dengan beberapa kriteria tertentu agar kanker serviks dapat terdeteksi. Karena semakin dini dilakukan maka akan semakin mudah penanganannya. Dapat dibayangkan dalam satu jam ada satu orang yang meninggal akaibat penyakit tersebut. Jika penanganan dini tidak dilakukan maka akan semakin susah untuk proses penyembuhannya,” terang  Munita.

Karena itu Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur ini berharap kedepannya warga di Kabupaten Barito Timur dapat memperoleh jangkauan kesehatan IVA dan SADANIS yang lebih luas dan baik. “Semua lapisan masyarakat diharapkan bias mengarah trend positif bebas kanker serviks dan bebas kanker payudara,” ujar Munita mengakhiri sambutannya. (lim/cak/diskominfosantik)

Tinggalkan komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Wajib diisi *

sixteen − thirteen =