PELAKSANAAN PTM DISAMBUT GEMBIRA WARGA SEKOLAH

PELAKSANAAN PTM DISAMBUT GEMBIRA WARGA SEKOLAH

SEMANGAT- Para murid SDN 1 Tamiang Layang tampak semangat mengikuti simulasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka, Selasa (19/10).

DISKOMINFOPS – Sekolah di Kabupaten Barito Timur menyambut gembira dimulainya Pembelajaran Tatap Muka baik jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas hal merupakan implementasi dari Surat Edaran Bupati Barito Timur Nomor : 421.6/2133/Set.2/Disdik/ Tahun 2021 tanggal 06 Otober 2021 tentang petunjuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa Pandemi  Corona Virus Disease-2019 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur Sabai, S.Pd., MM saat berbincang  dengan Diskominfops berharap   Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) ini berjalan aman dan lancar, yang mana ini merupakan langkah awal untuk menuju Pembelajaran Tatap Muka penuh seperti sebelum adanya Pandemi Covid-19. Jika dalam pelaksanaan PTMT ini tidak ditemukan masalah yg berarti maka akan dilanjutkan dengan menerapkan PTM penuh.  Dengan melihat besarnya keinginan Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik agar PTM dapat dilaksanakan, maka diharapkan juga  adanya keseriusan  Pihak Sekolah untuk membenahi, memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara optimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yg ketat oleh seluruh warga sekolah, agar tidak ada terjadi penularan Covid-19 di lingkungan Sekolah.  Apabila dalam berjalannya waktu ada ditemukan cluster penyabaran Covid-19 di sekolah maka Dinas Pendidikan Kabupaten akan menghentikan proses belajar mengajar pada sekolah bersangkutan  ujar Sabai.

Sementara itu  Kepala Sekolah SDN 1 Tamiang Layang Suket Mirahadi, S.Pd  mengaku sangat gembira akhirnya pembelajaran tatap muka dimulai, beberapa persiapan dan skenariopun sudah dirancang,   baik strategi proses belajar mengajar maupun  fasilitas pendukung protokol kesehatan  hal ini dipersiapkan agar memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada orang tua/ wali murid untuk mengijinkan anaknya mengikuti proses belajar mengajar walau tetap dengan protokol kesehatan yang ketat ujar Suket menegaskan.     

Terpisah  Ketua Komite SDN 1 Tamiang Layang  Pdt. Sunantulu Wu.i menyatakan sebagai Pengurus Komite sekaligus mewakili semua orang tua/ wali murid SDN 1 Tamiang Layang    Ia bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan sudah memberikan anugerahNya sehingga pandemi Covid-19 di Kabupaten Barito Timur semakin hari semakin berkurang. Bapak Pendeta ini juga berterima kasih kepada  Pemerintah Daerah melalui Bapak Bupati Barito Timur yang sudah  mengizinkan anak-anak untuk masuk sekolah tatap muka terbatas walau dengan protokol kesehatan ketat. Sunan  juga berharap  semoga dengan dimulainya sekolah tatap muka anak-anak   kembali bersemangat dalam  belajar dan bersosialisasi serta Bapak/Ibu Guru melaksanakan tugas pokok dan funsinya secara optimal  pungkasnya.

Proses belajar mengajar tatap muka atau yang lajim disebut PTM mulai diterapkan di Kabupaten Barito Timur sejak tanggal 19 Oktober 2021 dari jenjang SD, SMP dan SLTA hal ini ditandai dengan pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) yang dilakukan sehari sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini dilaksanakan mengingat pandemi  Covid-19 di Kabupaten Barito Timur mulai melandai dan prosentase GTK yang sudah divaksinasi sudah cukup tinggi.  Pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini juga untuk memenuhi kualitas pembelajaran yang selama ini dilakukan secara daring/luring non tatap muka untuk menghindari hilangnya pengalaman belajar (learning loss), ancaman ketidak mampuan belajar (learning poverty), terjadinya kekerasan pada anak dan putus sekolah pada peserta didik yang merupakan generasi emas Barito Timur.  (Lim/Diskominfops)

Tinggalkan komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Wajib diisi *

20 − eleven =