Bupati Bartim Tegaskan Untuk Maanfaatkan Inovasi Desa Sebagai Sumber Ekonomi

Bupati Bartim Tegaskan Untuk Maanfaatkan Inovasi Desa Sebagai Sumber Ekonomi

Diskominfo (Barito Timur) – Bupati Bartim Ampera AY Mebas tegaskan untuk tingkatkan ekonomi melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes), yang dapat dimanfaatkan dan di sesuaikan penggunaanya sebagai penguat ekonomi di setiap desa.

Hal itu di sampaikan Bupati saat kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) cluster I bagi desa di tiga kecamatan, yakni kecamatan Dusun Timur, Paju Epat dan Benua Lima di Aula dinas Pendidikan pada selasa (16/07/2019).

Acara dibuka langsung oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Wakil Bupati, Kepala Seksi Lembaga Ekonomi Masyarakat DPMD provinsi Kalteng, Kepala Dinas (Kadis) PMD Bartim, Kadis pendidikan, Kadis kesehatan, camat, pendamping desa, Kades dan perangkat desa, BP dari tiga kecamatan serta tokoh masyarakat.

Bupati Batim Ampera AY Mebas mengatakan bahwa BID merupakan salah satu bentuk kegiatan pameran, yang menghimpun kegiatan pembangunan masyarakat dari desa, yang telah dinilai inovatif, sekaligus sebagai ajang pertukaran pengetahuan, menyebarluaskan kegiatan inovatif serta penyebarluasan keberadaan Penyedia Jasa Layanan Teknis (PJLK) bagi masyarakat dan desa.

“Untuk kabupaten Bartim saat ini mulai bentuk inovasi desa, seperti Mukro Organisme Lokal (MOL) di desa Tampa, yang bisa masuk ke menu bursa nasional, terima kasih atas usaha dalam menggali potensi desa dan sekanjutnya dapat dikembangkan, sehingga benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat banyak dan dapat menunjang peningkatan ekonomi desa”, ucap Ampera.

Adapun program inovasi desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target, melalaui peningkatan produktivitas pedesaan dengan bertumpu pada tiga hal, pertama pengembagan ekonomi lokal dan kewirausahaan, baik pada ranah pengembangan usaha masyarakat maupaun usaha yang diprakarsai oleh desa.

Di jelaskan orang nomor satu di Bartim tersebut, perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), kaitan antara produktivitas pedesaan dengan kualitas SDM ini, diharapkan terjadi dalam jangka pendek, maupun dampak signifikan dalam jangka panjang, melalui investasi dibidang pendidikan PAUD TK dan kesehatan, saat ini berhubungan dengan stunting perlu di perhatikan.

Begitu juga dengan pemenuhan dan peningkatan infrastuktur pedesaan, khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian desa dan memiliki dampak menguat rekatkan kohesi sosial masyarakat pedesaan.

Bupati juga mengharapkan agar setiap desa dapat berinovasi dengan memanfaatkan BumDes, dan utamakan pengelolaan usaha benar-benar di lakukan masyarakat lokal, agar perputaran ekonomi tetap berada di Bartim.(SM88-Diskominfo Bartim)

Tinggalkan komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Wajib diisi *

5 + one =