Pemkab Bartim Kerahkan Jajaran Terkait Musrenbang

Pemkab Bartim Kerahkan Jajaran Terkait Musrenbang

Diskominfo (Barito Timur) – Pemerintah kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) daerah Bartim di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara Tamiang Layang pada hari Selasa (26/3/2019).

Kegiatan Musrenbang tersebut bertujuan untuk menentukan program prioritas pembangunan Bartim pada tahun 2020 mendatang. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas, turut hadir Wakil Bupati, Bapeda tingkat Provinsi, Sekda, Kepala Bappeda serta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Bartim.

Sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014, yang mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan negara diarahkan untuk percepatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan dan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha meningkatkan akses kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang berawal dari Musrenbangdes atau Kelurahan, kecamatan dan selanjutnya Musrenbang kabupaten sebagai dasar penyusunan rancangan OPD yang didalamnya memuat substansi berbagai kebijakan atau program belanja APBD Bartim.

“Melalui musrenbang OPD Bartim tahun 2019 yang kita laksanakan sekarang ini, diharapkan dapat menghasilkan kegiatan parsitipatif dan selaras dengan program provinsi maupun nasional”, Ucap Bupati Bartim.

Bupati melanjutkan, Di mulai dari masyarakat, pemerintah dan swasta merupakan elemen penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran, oleh karena itu dibutuhkan aspirasi-aspirasi dari para pemangku kepentingan, sebagai variabel dalam menentukan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan dan berkesinambungan.

Oleh karena itu dituangkan dalam rancangan OPD Bartim tahun 2020, sebagai bentuk akselerasi OPD dalam rangka pendanaan, maka dukungan partisipasi sumber daya dan sumberdaya pendanaan lainnya, adalah elemen penting yang harus diupayakan untuk mendukung pembiayaan pembangunan daerah.

“Adapun dari pembiayaan yang bersumber dari APBD Bartim dengan Musrenbang ini saya menginginkan ASN dan berbagai elemen lainnya yang akan memberi masukan serta pertimbangan lainnya untuk perencanaan pembangunan tahun 2020”, Jelas Bupati.

Diharapkan dengan di laksanakannya Musrenbang, seluruh OPD dapat menyerap segala tujuan yang di prioritaskan dalam pembangunan daerah, Pungkas Bupati Barito Timur Ampera A Y Mebas.(SM88-Diskominfo Bartim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =