SINERGI DINAS DISKOMINFO PS DENGAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

SINERGI DINAS DISKOMINFO PS DENGAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Diskominfo Ps, Barito Timur – Dalam rangka melaksanakan keterbukaan informasi publik pada kegiatan-kegiatan pemkab Barito Timur dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, maka pelaksanaan kegiatan terkait harus dapat diinformasikan kepada masyarakat luas.

Dalam rangka itu Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo PS) mendapat kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang akan melaksanakan kegiatan Lomba Bertutur untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Barito Timur Tahun 2021, Jumat (16/4/2021).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang diwakili oleh Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Ernawati, S. Pd dan salah seorang Kasi Yuliwun, S.Pd berkoordinasi dengan Diskominfo PS bagian Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, diterima langsung oleh Kabid PIKP Ampiansyah, S. Hut., M.Pd dan Kasi Kehumasan Bambang Rakhmatullah, SE.

Kepala Bidang Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ernawaty, S. Pd berkoordinasi publikasi kegiatan dengan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Ampiansyah, S. Hut. M.Pd (16/4/2021).

Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan keinginan mereka untuk diliput dan dipublikasikan kegiatan mereka tersebut yang akan menyelenggarakan Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten untuk siswa SD/MI selama 2 hari pada pada tanggal 21 s.d. April 2021 di Tamiang Layang.

 “Kedatangan kami kesini untuk koordinasi karena akan mempublikasikan kegiatan dinas kami yaitu lomba bertutur tingkat Kabupaten Barito Timur untuk siswa SD/MI, kami mohon bantuan Diskominfo supaya bisa terpublikasikan, terang Ernawaty.”

Kepala Bidang PKIP menyampaikan bahwa pihak Diskominfo PS menyambut baik kedatangan pihak Dinas Perpustakaan dan akan membantu dalam publikasi kegiatan dimaksud karena diskominfo memiliki media publikasi seperti web, media center, medsos (FB dan IG) dan kemedia massa (cetak, tabloid, online, elektronik) yang berkerjasama dengan Pemkab sebagai sarana publikasi, dan hal tersebut juga terbuka bagi semua SKPD yang ada di Pemkab Barito Timur.

“Kami terbuka untuk membantu SKPD dalam mempublikasikan kegaiatan di Dinas masing-masing baik dalam media yang dimiliki Diskominfo PS seperti Web, media center kabupaten, medsos maupun dibagikan kepada media yang ada kerjasama dengan pemkab agar diberitakan kepada masyarakat luas, kata Kabid PKIP Ampiansyah.”

Ditambahkan juga oleh Kasi Kehumasan Bambang Rahmatullah, bahwa tiap SKPD bisa mengirimkan kegiatan dinas dengan membuat ringkasan/dokumentasi berita kegiatan dengan format seperti yang disampaikan dalam Surat Edaran Sekda Nomor 109/02/Diskominfo/2021 tanggal 2 Maret 2021 perihal Koordinasi Kegiatan sebagai bahan berita pembangunan daerah. Selanjutnya bahan itu nanti akan kami buat rilis berita yang dimuat di media publikasi yang dimiliki Diskominfo PS dan bisa dibagikan ke media-media yang ada kerjasama dengan Pemkab.

“Supaya kegiatan dinas bisa dipublikasikan cukup membuat ringkasan pemberitaan seperti yang tertuang surat edaran Sekda, yaitu cukup memenuhi kaidah pemberitaan 5W dan 1 H, what (nama kegaiatan), when (kapan dilaksanakan hari, tanggal, waktu), where (dimana dilaksanakan), why (tujuan kegiatan), dan how (proses/alur kegiatan) serta dilengkapai dokumentasi kegiatan (foto/vidio/audio), jelas Bambang.” Kepala Bidang PKIP mengharapkan agar ke depan semakin banyak SKPD yang berkoordinasi dengan Diskominfo PS untuk lebih banyak lagi mempublikasi kegiatan-kegiatan dinas dalam melaksanakan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas. (amp, br/pikp).

Tinggalkan komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Wajib diisi *

twenty + 1 =