Ampera: Bartim Gunakan Sistem E-Musrenbang

Ampera: Bartim Gunakan Sistem E-Musrenbang

 

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas beserta jajaran pemerintah setempat menghadiri kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Awang, di aula kecamatan, Senin (13/2).

Dalam arahannya, Ampera mengatakan pelaksanaan Musrenbang kecamatan merupakan kelanjutan dari Musrenbang desa dan kelurahan.

Pelaksanaan Musrenbang merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang No.25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No.54/2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No.8/2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rancana Pembangunan Daerah. Hasil Musrenbang kecamatan merupakan bahan bagi pemerintah daerah untuk menyusun dukumen RKPD 2018 dan RENJA SKPD 2018.

Dijelaskan, sistem pembangunan dan penganggaran nasional baik pada aspek proses mekanisme maupun tahapan perencanaan dilaksanakan secara berjenjang yang dimulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi serta tingkat regional dan nasional yang nantinya akan dituangkan dalam program skala prioritas.

Hal ini dimasudkan agar di dalam RKPD 2018 dapat mengakomodir apa yang menjadi program prioritas pembangunan. Sehingga benar-benar menjadi kebutuhan prioritas desa dan kelurahan di wilayah Bartim.

“Untuk melaksanakan Musrenbang 2017, Bartim sudah menggunakan aplikasi e-Musrenbang. Dari e Musrenbang dimaksud, seluruh kecamatan akan mengimput hasil Musrenbang desa secara online maupun apline.

“Jika ada usulan musrenbang desa maupun kecamatan yang tidak terakomodir tidak hilang melainkan ada daftar prioritas tunggu untuk program dan kegiatan untuk dilaksanakan tahun berikutnya,” timpal Ampera.

Lanjut Ampera lagi, Musrenbang 2017 akan memilih program dan kegiatan sesuai UU No6/2014 tentang Pemerintahan Desa. Yakni pemerintah dapat memilah dan memilih program dan kegiatan yang didanai APBDes, APBD Kabupaten dan Provinsi serta APBN 2018 yang menjadi prioritas utama. c-yus

Sumber : http://www.tabengan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 7 =